Jumat, 20 September 2013

Masakan Khas Bali



Pulau Bali sebagai salah satu obyek wisata terbaik di indonesia tidak hanya menawarkan budaya serta panorama alam yang indah sebagai daya tariknya. Karena pada pulau yang dijuluki surganya dunia tersebut juga menawarkan kuliner yang siap untuk memanjakan perut para pelancong.
Ayam betutu merupakan salah satu kuliner khas bali yang sangat digemari oleh para wisatan asing maupun domestik, tentu saja hal tersebut disebabkan karena cita rasanya yang begitu lezat. Dengan dilumuri oleh bumbu khas bali menjadikan ayam betutu  begitu enak untuk disantap, selain itu daging ayamnya yang empuk juga merupakan salah satu daya pikat bagi konsumen untuk menikmati hidangan ini.
Keistimewaan ayam betutu terletak pada proses pemasakannya, karena dibutuhkan setidaknya minimal 6 jam untuk dapat membuat satu porsi ayam betutu siap santap. Proses yang cukup lama ini disebabkan perebusan ayam yang membutuhkan waktu ber jam – jam lamanya, hal tersebut dilakukan agar tekstur daging ayam benar – benar menjadi empuk.  Karenanya tidak heran bila kuliner khas bali ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal, mulai dari 50 ribuan sampai ratusan ribu perporsinya.
Bagi anda yang sedang berlibur di bali tidak ada salahnya mencoba kuliner yang satu ini, dijamin lidah anda akan dimanjakan oleh masakan khas pulau dewata ini. Disamping itu untuk mendapatkan satu porsi ayam betutu tidak lah sulit, karena hampir semua hotel dan restaurant di bali menyuguhkan menu yang satu ini.




Plecing Kangkung khas Bali adalah perpaduan sayur kangkung rebus dengan sambal plecing yang khas aroma terasinya. Kalau di Bali biasanya dimakan bersama ikan bakar atau Ayam Betutu atauSate Lilit Ikan Tuna kalau di Lombok, Nusa Tenggara Barat NTB makannya sama Ayam Taliwang, tapi GoMe biasanya makan sama Tipat panas pun rasanya enak dan rasa pedasnya nikmat.. mantap poll abis !! rasa pedasnya nendang. Makan sama nasi panas sebenarnya juga boleh sewaktu Kami tinggal di bali dulu paling sering makan plecing sama nasi panas dan kerupuk putih di rumah.



Lawar adalah masakan berupa campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui yang berasal dari Bali. Makanan ini lazim disajikan dalam rumah tangga di Bali atau dijual secara luas di rumah-rumah makan dengan sebutan lawar Bali. Lawar dibuat dari daging yang dicincang, sayuran, sejumlah bumbu-bumbu dan kelapa. Kadang-kadang di beberapa jenis lawar diberikan unsur yang dapat menambah rasa dari lawar itu yaitu darah dari daging itu sendiri. Darah tersebut dicampurkan dengan bumbu-bumbu tertentu sehingga menambah lezat lawar tersebut. Lawar sendiri tidak dapat bertahan lama makanan ini jika didiamkan di udara terbuka hanya bertahan setengah hari.
Penamaannya bervariasi, biasanya berdasarkan jenis daging yang digunakan atau jenis sayurannya. Bila yang digunakan daging babi maka lawar yang dihasilkan disebut lawar babi., demikian juga bila yang digunakan sayur nangka, maka lawarnya diberi nama lawar nangka. Ada juga pemberian namanya berdasarkan warna lawarnya yaitu lawar merah bila warna lawarnya merah, lawar putih bila warna lawarnya putih dan ada lawar yang bernama lawar padamare, yaitu sejenis lawar yang dibuat dari campuran beberapa jenis lawar. Lawar disajikan sebagai teman nasi bersama jenis lauk-pauk lainnya.

2 komentar: